Minggu, 06 Juli 2008

Berharap Prestasi dari PON Spektakuler

PESTA PON XVII/2008 secara resmi dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Stadion Palaran Samarinda, Kaltim, Sabtu (5/7). Tentu saja kita berharap even olahraga terbesar di Tanah Air ini menghasilkan banyak prestasi. Tidak sebatas seremonial saja.

Juara umum PON empat tahun silam, DKI Jakarta yang kali ini kembali berambisi mempertahankan gelar, datang ke "Bumi Etam" (julukan Kaltim) dengan kekuatan 757 atlet dan 283 ofisial dengan turun pada 42 cabor. Lalu, bagaimana dengan kontingen Jabar? Untuk menembus "2 Besar" Jabar telah mempersiapkan hampir satu setengah tahun, dengar program "Jabar 100".

Melalui slogan "Jabar 100" yang didengung-dengungkan, sebagai motivasi untuk mengembalikan prestasi Jabar ke posisi "2 Besar" PON.

Berdasarkan catatan yang ada, jumlah medali emas terbanyak yang pernah diraih kontingen Jabar adalah 83 keping pada PON XV/2000 di Jawa Timur. Dengan jumlah raihan sebanyak itu, Jabar justru terlempar dari posisi langganannya, "2 Besar" karena kontingen tuan rumah, Jawa Timur menyodok dengan raihan fantastis 133 emas, disusul DKI Jakarta 116 emas.

Dari mana 100 keping emas itu bisa didulang? Berdasarkan prediksi akan direbut dari 15 cabor superprioritas dan prioritas. Ke-15 cabor yang diprediksi bakal menjadi lumbung medali emas Jabar itu adalah renang (6), atletik (6), dayung (7), PABBSI (8), tarung derajat (7), balap sepeda (5), panahan (5), taekwondo (5), panjat tebing (3), catur (5), selam (4), pencak silat (3), judo (3), karate (3), dan wushu (5). Mari kita tunggu saja hasilnya. **

Diringkas dari Tajukrencana Galamedia, http://www.klik-galamedia.com

Tidak ada komentar: